Abstrak blog masa kini: Payudara Berukuran Besar, Waspada Macromastia
|

Payudara Berukuran Besar, Waspada Macromastia

Ilustrasi payudara. 
News Abstrak-Macromastia, kenaikan ukuran payudara mendadak bisa terjadi di usia pubertas, kehamilan, atau pengobatan tertentu.

Dikenal pula dengan nama gigantomastia, macromastia adalah kondisi yang menyebabkan payudara perempuan membesar di luar ukuran umum, gejalanya biasa terjadi pada usia pubertas. Bukan sekadar membuat tak nyaman, tetapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan di bagian tubuh lain.

Diperkirakan, macromastia terjadi karena peningkatan sensitivitas tubuh terhadap hormon. Kebanyakan perempuan dengan masalah macromastia juga memiliki masalah asimetris pada ukuran payudara, yakni salah satu payudara memiliki ukuran lebih besar dari yang lainnya. Remaja perempuan dengan masalah macromastia biasanya mengeluhkan sakit pada payudara, leher, punggung, pundak, serta masalah pola makan, juga rendahnya kepercayaan diri.

Operasi pengurangan ukuran payudara merupakan prosedur yang umum dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan fisik orang dengan kondisi ini. Namun, kebanyakan orangtua dan dokter ragu bila harus melakukan operasi pada anak remaja.

Dua per tiga remaja dengan kondisi macromastia memang memiliki masalah kelebihan berat badan, namun, pengurangan berat badan tidak secara otomatis akan mengurangi ukuran payudara yang ukurannya lebih besar dari umumnya itu.

Dr Brian Labow, ahli bedah plastik anak di Department of Plastic and Oral Surgery di Children's Hospital Boston mengatakan, setiap tahunnya ia bisa mengoperasi sekitar 100 remaja untuk pengurangan ukuran payudara.

Hasil studi yang ia lakukan terhadap remaja dengan masalah macromastia mengungkap, kondisi ini punya dampak negatif terhadap kepercayaan diri anak, menimbulkan masalah kesehatan yang memengaruhi kualitas hidup, dan masalah pola makan.

Pada dokter dan orangtua yang melihat anak remajanya dengan masalah ini sebaiknya menyadari potensi manfaat pengurangan ukuran payudara pada kesehatan remaja perempuan.

Menurut dr Labow, remaja perempuan dengan macromastia menderita dan merasa tak nyaman. Bila ditunggu hingga 3 tahun setelah menstruasi pertama, payudara bisa terus berkembang meski hanya sedikit, namun tak baik bila ditunggu terlalu lama.

Kebanyakan orangtua melihat situasi ini dengan cara berbeda. Namun studi menunjukkan, remaja putri yang mengalami ukuran payudara terlalu besar akan mendapat manfaat yang baik dari operasi pengurangan ukuran payudara, ketimbang ditunggu terlalu lama. 


source:http://www.beritasatu.com/women-health/70383-payudara-berukuran-besar-waspada-macromastia.html

Posted by The Masnur on 04.40. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels laenya

boyband (26) diet (3) entertainment (11) foto (17) gadget (8) girlband (28) gosip (2) humor (21) iptek (8) jagadunik (37) jalanjalan (3) kesehatan (77) kpop (38) modifikasi (3) motor (3) music (24) nusantara (6) otomotif (13) profil-kpop (14) sains (9) seksnseksi (19) seleb (28) tekno (56) tips (19) wallpaper (7) worldceleb (22) youtube (8)